Manfaat Membuat Learning Journal dalam Proses Belajar
Dalam dunia pendidikan, terdapat berbagai metode yang dapat membantu siswa dalam proses belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan membuat learning journal. Learning journal merupakan sebuah catatan pribadi yang digunakan untuk mencatat pengalaman belajar, pemikiran, dan refleksi selama proses belajar berlangsung.
Manfaat utama dari membuat learning journal dalam proses belajar adalah dapat membantu siswa untuk memahami dan merefleksikan materi yang telah dipelajari. Dengan mencatat pengalaman belajar dan pemikiran, siswa dapat mengevaluasi sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Hal ini dapat membantu siswa untuk memperbaiki kekurangan dalam pemahaman mereka dan meningkatkan hasil belajar.
Selain itu, membuat learning journal juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis. Dengan terbiasa menulis secara teratur, siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis mereka dan meningkatkan ekspresi diri dalam mengekspresikan ide dan pemikiran mereka.
Selain itu, learning journal juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan kebiasaan belajar yang baik. Dengan mencatat pengalaman belajar secara rutin, siswa dapat meningkatkan kedisiplinan dalam belajar dan memotivasi diri mereka untuk terus belajar dengan tekun.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kusumaningrum dan Sunarti (2018), hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang membuat learning journal memiliki kemampuan pemahaman yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak membuat learning journal. Hal ini menunjukkan bahwa membuat learning journal dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam proses belajar siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa membuat learning journal merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan membantu siswa untuk merefleksikan materi yang telah dipelajari, mengembangkan keterampilan menulis, dan meningkatkan kebiasaan belajar yang baik, learning journal dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam proses belajar siswa.
Referensi:
Kusumaningrum, D., & Sunarti. (2018). Pengaruh Penggunaan Journal Writing terhadap Kemampuan Pemahaman Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 1(2), 71-83.